Sebelum Semir Ban Mobil, Perhatikan 4 Hal Ini

Semir Ban Mobil

Semir Ban Mobil – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat mobil kesayangan tampil lebih menawan dan juga tetap ganteng. Mulai dari melakukan modifikasi, hingga hanya memberikan semir pada ban mobil. Semir ban mobil adalah aksesoris mobil yang biasanya digunakan untuk membuat kaki-kaki mobil tampil lebih mengkilap dan juga bersinar di jalanan.

Maka tak heran apabila saat ini ada banyak produsen semir ban mobil yang beraneka ragam di pasaran otomotif Indonesia. Semir ban sendiri hadir dengan berbagai jenis yang bisa pengguna pilih. Namun, dengan beragam jenis semir ban tersebut terkadang membuat bingung pemilik mobil untuk memilih semir yang tepat bagi mobil.

Untuk itu, sebelum melakukan proses semir ban mobil, ada baiknya kamu perlu ketahui hal-hal penting di bawah ini. Untuk ulasan lengkapnya bisa kamu simak berikut ini :

Jenis Semir Ban Mobil

Semir ban yang saat ini ada di pasar otomotif Indonesia memiliki berbagai macam jenis. Umumnya kamu akan banyak menemukan semir ban dengan jenis dan bentuk cair, gel, ataupun foam. Setiap jenis semir ban tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini berkaitan dengan cara penggunaannya, kamu hanya perlu memilih ingin lebih simpel, mudah, ataupun praktis.

Material Semir

Perlu diketahui, ada dua jenis material semir ban di pasaran, ada yang mengandung silikon dan juga aerosol. Umumnya material silikon ini ada pada semir ban dengan bentuk cair dan digunakan di tempat cuci-cuci mobil pada umumnya. Karakteristik yang dimiliki oleh material silikon dapat membuat ban lebih mengkilap dari biasanya. Kekurangannya hanya terlihat wet look atau berminyak dan juga lengket, serta minus unsur cleanernya.

Semir ban dengan bahan material dari silikon tidak dianjurkan untuk pemakaian berjangka panjang. Hal tersebut dikarenakan apabila digunakan secara terus-menerus akan membuat permukaan ban rusak dan karet ban akan menjadi kehilangan daya elastisnya. Sedangkan untuk material aerosol biasanya terdapat pada semir ban mobil jenis foam.

Semir ini lebih baik untuk digunakan dalam jangka panjang dibandingkan dengan dengan semir dengan kandungan material silikon. Berbicara hasil, selain membuat mengkilap, material ini dapat membuat ban mobil terlihat hitam dan mengandung unsur cleaner juga.

Tipe Semir Ban

Untuk tipe semir ban sendiri dibagi dan dibedakan dengan cara penggunaanya. Sebab setiap semir ban memiliki cara penggunaannya masing-masing. Sebut saja seperti semir ban foam yang lebih praktis untuk digunakan dibandingkan dengan semir ban yang berbentuk cair. karena perlu tambahan alat seperti kuas untuk menggunakannya.

Apabila kamu adalah orang yang tidak ingin terlalu repot, maka semir ban dengan jenis foam adalah pilihan yang tepat untuk kamu gunakan. Namun, apabila kamu ingin hasil yang lebih detail, maka semir bentuk cair bisa kamu gunakan untuk membuat ban mengkilap secara merata. Walaupun memang perlu sedikit memakan waktu, namun semua itu kembali kepada pilihan dan selera masing-masing.

Harga Semir

Berbicara harga, tentu saja hal ini merupakan hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan. Harga semir ban sendiri memang tidak terlalu mahar, namun karena akan diaplikasikan secara berkali-kali, maka harga semir ban menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan.

Ketika kamu membeli semir ban berkualitas dan juga mahal, maka kamu perlu konsisten untuk menggunakannya. Jangan sampai kamu mencoba mengganti merek hingga tidak konsisten. Hal tersebut dikarenakan akan mempengaruhi kualitas ban mobil itu sendiri. Maka dari itu, ada baiknya gunakan semir ban dengan kualitas yang sama atau minimal setara apabila digunakan untuk jangka panjang.

Dan itu dia hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan semir ban mobil. Selain melakukan perawatan pada ban mobil, kamu juga perlu melakukan perawatan pada mobil agar mobil yang kamu gunakan panjang umur. Semoga bermanfaat.

Share Button